Diposkan pada BPN30dayChallenge2018, Uncategorized, Writting Challenge

5 Tips Hidup Sehat

5 TIPS HIDUP SEHAT

Setiap orang tentu mendambakan hidup sehat. Memangnya siapa yang ingin sakit? Tidak mungkin ada. Kesehatan adalah rezeki tersendiri, anugerah yang kadang dilupakan orang sebagai rezeki. Kebanyakan orang beranggapan bahwa rezeki itu melulu tentang uang, harta kekayaan, atau makanan, padahal kesehatan juga adalah rezeki yang tak ternilai harganya. Sebab kalaupun punya banyak harta, mampu membeli makanan enak, jika tubuhnya sakit, maka tak akan bisa menikmati semua harta kekayaan itu. Harta pun akan habis untuk membeli sehat. Nah, maka dari itu kita sangat perlu menjaga kesehatan agar tubuh kita terjaga dari penyakit. Untuk menjaga kesehatan itu kita bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Minum air putih

Minum air putih adalah hal yang sangat penting untuk tubuh terutama untuk kesehatan ginjal. Konon katanya tubuh kita memerlukan asupan air putih atau air mineral yang cukup banyak. Pagi hari saat bangun tidur sebaiknya kita minum air putih hangat. Apalagi setelah makan, sebaiknya tidak minum apapun selain air putih atau air mineral. Untuk hal ini saya sudah membiasakan diri mau makan di manapun, di restoran atau di foodcourt manapun (kecuali di PH sih) ๐Ÿ˜, saya selalu memesan air mineral untuk minumannya.

Tidur yang cukup

Maafkan acting tidur gue yang keliatan palsu, haha

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya,, begitu kata Bang Haji Roma. Memang benar kata bang haji sebaiknya kita tidak boleh begadang sebab tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Menurut pakar kesehatan setidaknya kita harus tidur minimal 8 jam per hari. Apalagi katanya bagian tubuh memiliki jam istirahat tersendiri yang pada jam tersebut kita harus istirahat. Misalnya untuk kesehatan jantung pada pukul 11 malam kita harus sudah tidur. Lagipula tidur yang cukup pada malam hari akan membuat kita fresh dan bugar pada siang hari.

Sarapan

Nah, salah satu hal yang sangat penting menurut saya adalah sarapan. Kalau saya sendiri sih badan akan jadi lemas, loyo, dan pusing jika beraktivitas tanpa sarapan. Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Dengan demikian, sarapan membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat kalian lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika kalian tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir kalian bisa menurun. Selain itu, katanya sarapan pagi juga dapat membantu menurunkan berat badan loh. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, kalian tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Ketika kalian melewatkan sarapan pagi, maka akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan. Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh. So, kalian yang tidak suka sarapan. mulai sekarang sarapanlah!

Kurangi konsumsi gula, Perbanyak makan buah-buahan

Perbanyak makan buah-buahan guys

Eating an apple a day keeps the doctor away

Mengurangi konsumsi terhadap makanan dan minuman yang mengandung gula atau glukosa akan membantumu untuk hidup sehat. Secara, glukosa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti diabetes. Kalau saya sendiri sih, mengurangi gula dengan cara berhenti meminum minuman bersoda, pokoknya say no to soda, juga membiasakan meminum air mineral walaupun makan di resto atau di foodcourt, tidak membeli minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Kalau makanan sih saya sendiri masih sulit untuk mengurangi konsumsi nasi apalagi menggantinya dengan yang lain. Untuk meminimalisasi konsumsi gula, biasakan juga makan buah-buahan. Gantilah kue-kue manis atau gorengan atau makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan buah-buahan. Kalau saya sendiri sih merutinkan diri mengonsumsi buah plum.

Travelling alias rutinkan piknik

Ini saya sedang nongkrong di Puncak Gunung Merapi

Nah, ini sangat penting kawan, demi kesehatan pikiran dan perasaan agar tidak stres. Apalagi jika kalian adalah orang yang kelelahan berperang dengan aktivitas pekerjaan setiap hari. Stres adalah tanda-tanda kelelahan. Maka sangat penting untuk selalu menyempatkan pergi berlibur agar merefresh otak yang selalu bergumul dengan drama pekerjaan apapun setiap hari.
Menurut sebuah studi dari Universitas Negeri New York di Oswego, setelah mengamati 12.000 pria ditemukan bahwa pria yang pergi berlibur bisa mengurangi risiko mengalami kematian dengan segera sebesar 20%. Hal yang sama juga didapatkan dari sebuah artikel New York Times, kalian bisa meningkatkan 21% tingkat kematian dengan cepat ketika kalian nggak mengambil liburan setiap tahun.
Menurut para peneliti dari  Amerika dan Perancis, liburan bisa meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, meningkatkan kesadaran akan koneksi yang terputus serta mendorong orang untuk mencoba sesuatu yang baru. Dengan begitu, liburan juga berarti bisa membuat kalian lebih kreatif. Makanya, ini udah Desember, ayo berlibur kawan!

Iklan

Penulis:

sekadar merapikan kenangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.